Cara Mencegah Munculnya Uban Pada Rambut

Thursday, February 9th 2012. | Perawatan Rambut, Perawatan Tubuh

Rambut merupakan mahkota pada manusia. Banyak cara yang dilakukan manusia untuk merawatnya agar tetap indah, lebat, dan hitam. Munculnya uban pada rambut Anda mungkin bisa mengurangi rasa percaya diri. Uban muncul biasanya disebabkan karena faktor usia, pola fikir, dan pola makan juga dapat mempercepat munculnya uban. Seperti kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung tembaga, vitamin B 12, dan protein. Selain itu vitamin B2,yodium, dan minyak ikan juga dianjurkan kecukupannya agar dapat mencegah munculnya uban pada rambut.

cara mencegah munculnya uban pada rambut,cara mencegah munculnya uban,mencegah munculnya uban,mencegah timbulnya uban,uban rambut,rambut sehat,cara merawat rambut,merawat rambut ubanan,diet,obat  untuk mencegah munculnya uban,cara menghilangkan uban pada rambut

Tembaga
Peneliti Denks dan Steven mendapatkan ketidakcukupan elemen tembaga (cu) dalam tubuh dapat berakibat depigmentasi rambut, salah satu tandanya kemunculan uban.
Makanan sumber tembaga: hati,ginjal,tiram,kerang,kacang-kacangan, serta polong polongan.
Sebaiknya pada saat yang sama hindari mengkonsumsi seng (zn) dalam jumlah besar, karena mineral tersebut berfungsi antagonis, meningkatkan pengeluaran tembaga melalui tinja.
Contoh makanan kaya seng: daging dan telur. Tapi sebaliknya, dianjurkan untuk menambah masukan serat makanan. Karena serat bisa menghambat penyerapan seng oleh tubuh.

Vitamin B 12
Vitamin ini penting untuk menghindari kemungkinan terkena anemia pernisiosa yang bisa mempercepat keluarnya uban.

Sumber makanan penghasil B 12:  hati,daging beserta produknya, susu beserta produknya.
Untuk mendapatkan manfaat maksimal vitamin ini, hindarkan konsumsi vitamin C dosis tinggi.Karena riset menunjukkan reaksi berlawanan terhadap pemanfaatan vitamin B 12.Pemberian vitamin C hingga 1 gram per hari dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B 12.

Zat gizi lain
Selain zat gizi utama tersebut juga dianjurkan untuk memenuhi kecukupan atas kebutuhan protein tiap hari. Yakni jangan kurang dari 1-1,5 gram per kg berat badan.Selain itu vitamin B2,yodium, dan minyak ikan juga dianjurkan kecukupannya. Vitamin B2 banyak terdapat pada yogurt,produk hewani,sayur sayuran berdaun hijau.

Selain melakukan diet makanan, Anda juga bisa membuat ramuan herbal untuk mencegah munculnya uban pada rambut Anda yaitu sebagai berikut:

Cara membuat ramuan untuk mencegah munculnya uban pada rambut

Bahan – bahan untuk mencegah munculnya uban pada rambut:

  • Putih telur ayam kampung : 3 butir
  • Air bersih                                  : 1/2 gelas
  • Garam halus                             : 1/2 sendok teh

Cara membuat ramuan untuk mencegah munculnya uban pada rambut:

  1. Putih telur dicampur dengan air bersih dan diaduk sampai rata
  2. Masukkan garam halus sambil diaduk

Cara memakai ramuan untuk mencegah munculnya uban pada rambut:

Kurang lebih 2-3 jam sebelum Anda keramas, rambut dicuci menggunakan ramuan untuk mencegah munculnya uban pada rambut diatas sampai pada bagian pori-pori rambut. Terapi ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu secara rutin.

1 Komentar Untuk Artikel " Cara Mencegah Munculnya Uban Pada Rambut" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Cara Mencegah Munculnya Uban Pada Rambut"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

2+8 (Wajib di jawab)