Cara Herbal Mengatasi Sakit Mata Merah

Wednesday, August 17th 2011. | Perawatan Mata

Sakit mata merah. Mungkin setiap orang sudah pernah mengalami penyakit yang satu ini. Mata merah, terasa gatal, perih, dan banyak mengeluarkan kotoran mata dari pada kondisi mata ketika sehat. Mungkin sekilas penyakit mata merah atau yang disebut juga dengan “belek” ini seperti penyakit ringan. Tapi Anda tidak boleh membiarkan sakit mata merah, bahkan tidak mengobati mata merah. Karena mata bisa infeksi oleh virus, kuman penyakit sehingga menjadi lebih parah.

cara herbal mengatasi sakit mata merah,mengatasi sakit mata,mata merah,mata,merah,cara mengatasi mata merah,obat herbal mata,obat herbal mata merah,obat mata,herbal,sakit,belek,mata mata mata

Definisi Mata Merah

Mata merah, atau conjunctivitis, adalah kemerahan dan peradangan dari selaput-selaput (conjuctiva) yang menutupi putih-putih dari mata-mata dan selaput-selaput pada bagian dalam dari kelopak-kelopak mata. Membran-membran atau selaput-selaput ini bereaksi pada suatu batasan yang luas dari bakteri-bakteri, virus-virus, agen-agen yang memprovokasi alergi, pengganggu-pengganggu (irritants), dan agen-agen racun, begitu juga pada penyakit yang mendasarinya dalam tubuh. Bentuk-bentuk virus dan bakteri dari conjunctivitis adalah umum pada masa kanak-kanak, namun mereka dapat terjadi pada orang-orang dari segala umur. Secara keseluruhan bagaimanapun, ada banyak penyebab-penyebab mata merah. Ini dapat digolongkan sebagai yang infeksius atau tidak infeksius.

Infeksi-Infeksi Penyebab Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Yang Infeksius, Dan Cara Merawat Mata Merah

Mata Merah Yang Disebabkan Virus

Penyebab yang memimpin dari suatu mata merah yang meradang adalah infeksi virus. Sejumlah virus-virus yang berbeda dapat menjadi bertanggung jawab atas infeksi. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan virus biasanya dihubungkan lebih banyak dengan suatu pengeluaran cairan yang tidak berwarna hijau atau kuning. Seringkali, gejala-gejala virus seperti influensa, seperti hidung yang mampat dan hidung yang ingusan, juga hadir. Kelopak-kelopak mata mungkin juga bengkak. Adakalanya melihat pada sinar-sinar yang terang adalah menyakitkan. Ketika mata merah yang disebabkan virus mungkin tidak memerlukan suatu antibiotik, mereka yang terpengaruh harus menemui seorang dokter, karena adakalanya bentuk mata merah ini dapat berkaitan dengan infeksi kornea (bagian jernih dari depan bolamata). Infeksi ini harus dideteksi dan dirawat secara benar. Mata merah yang disebabkan oleh virus adalah sangat menular. Mata merah yang disebabkan virus biasanya hilang dalam tujuh sampai sepuluh hari setelah munculnya gejala-gejala.

Mata Merah Yang Disebabkan Bakteri

Bakteri yang paling umum menyebabkan mata merah yang infeksius adalah staphylococci, pneumococci, dan streptococci. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan bakteri termasuk:

* sakit/nyeri mata
* bengkak
* kemerahan
* suatu jumlah kotoran yang sedang sampai besar, biasanya berwarna kuning atau kehijauan

Kotoran umumnya berakumulasi setelah tidur. Anak-anak yang terpengaruh mungkin terbangun paling tidak senang bahwa mata mereka lengket tertutup, memerlukan suatu handuk yang hangat untuk mengangkat kotorannya. Mata merah yang disebabkan bakteri dirawat dengan berulangkali penggunaan handuk-handuk hangat pada mata-mata .

Mata Merah Chlamydia

Mata merah yang disebabkan oleh infeksi dengan chlamydia adalah suatu bentuk yang tidak umum dari mata merah yang disebabkan bakteri di Amerika, namun adalah sangat umum di Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Ia dapat menyebabkan mata merah pada dewasa-dewasa. Ia adalah penyebab mata merah pada remaja-raemaja dan dewasa-dewasa yang dapat ditularkan melalui “hubungan”.

Kondisi-Kondisi noninfeksius Yang Menyebabkan Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Noninfeksius, Dan Cara Merawat Mereka

Mata Merah Karena Alergi

Gejala-gejala dan tanda-tanda mata merah karena alergi biasanya disertai oleh gatal yang hebat, keluar airmata, dan pembengkakan selaput-selaput mata. Penyebab-penyebab yang sering termasuk serbuk sari musiman, dander hewan, dan debu. Ia seringkali musiman dan disertai oleh gejala-gejala alergi khusus lain seperti bersin, hidung yang gatal, atau tenggorokan yang gatal. Handuk dingin dan lembab dipakaikan pada mata.

Mata Merah Karena Kimia

Mata merah karena kimia dapat berakibat ketika segala senyawa yang mengiritasi masuk ke mata-mata.

Pengganggu-pengganggu (irritants) yang menyerang yang umum adalah:

* pembersih-pembersih rumah tangga
* spray-spray dari segala macam
* asap
* kabut campur asap
* bahan-bahan pengotor industri

Obat Herbal Untuk Mengatasi Sakit Mata Merah

Bahan obat herbal untuk mengatasi sakit mata merah:

Daun bunga melati

Cara membuat obat  herbal untuk mengatasi sakit mata merah:

Ambil satu genggam daun bunga melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sakit mata merah Anda sembuh.

 

1 Komentar Untuk Artikel " Cara Herbal Mengatasi Sakit Mata Merah" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Cara Herbal Mengatasi Sakit Mata Merah"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

0+9 (Wajib di jawab)