Mengobati Batu Ginjal Dengan Kumis Kucing

Friday, February 10th, 2012 - Pengobatan Ginjal

Mengobati batu ginjal dengan kumis kucing merupakan salah satu teknik pengobatan secara tradisional. Pengobatan secara tradisional yang pada umumnya memiliki efek samping yang relatif kecil bahkan tidak memiliki efek samping, dengan catatan sesuai dengan dosis, takaran yang ditentukan aman bagi tubuh pasien. Selain itu dari segi biaya juga relatif terjangkau dibanding dengan mengobati batu ginjal dengan obat kimia.

mengobati batu ginjal dengan kumis kucing,batu ginjal dengan kumis kucing,batu ginjal,kumis kucing,manfaat kumis kucing,obat batu ginjal,penyebab batu ginjal,gejala batu ginjal,definisi batu ginjal,ginjal,sakit batu ginjal

Batu ginjal sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Ini terbukti dari ditemukannya batu ginjal di sebuah mumi yang berusia 7000 tahun. Batu ginjal adalah batu buli-buli yang terdapat di kandung kemih. Batu buli-buli juga disebut sebagai vesical stone atau bladder stone. Menurut catatan sejarah, Raja Leopold I dari Belgia, Napoleon Bonaparte, Napoleon III, Raja Louis XIV, George IV, Benjamin Franklin, Newton, Bacon, dan fisikawan Harvey serta Boerhaave ternyata merupakan penderita batu buli-buli. Pada saat itu mereka belum mengenal teknik mengobati batu ginjal dengan kumis kucing. Untuk mengetahui tentang batu ginjal secara lebih jelas dan mendetail, silakan simak sajian berikut ini:

Definisi

Batu yang berada di ginjal dan salurannya.

Epidemiologi Batu Ginjal

Satu dari 20 orang menderita batu ginjal. Pria:wanita = 3:1. Puncak kejadian di usia 30-60 tahun atau 20-49 tahun. Prevalensi di USA sekitar 12% untuk pria dan 7% untuk wanita. Batu struvite lebih sering ditemukan pada wanita daripada pria.

Penyebab Batu Ginjal

Banyak faktor yang mempermudah terbentuknya batu ginjal, seperti: genetik (keturunan), riwayat sakit batu ginjal sebelumnya, kurang minum, aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, cuaca/iklim panas yang menyebabkan volume cairan tubuh cepat berkurang. Jenis pekerjaan, olahraga, atau hobi yang memicu dehidrasi. Konsumsi obat tertentu pemicu terbentuknya batu ginjal, misalnya: efedrin, obat pelancar kencing, antikejang, antivirus (indinavir; atazanavir). Obat lainnya: guaifenesin; triamterene; silicate (penggunaan antacid yang mengandung magnesium silicate yang terlalu sering/berlebihan); juga obat-obat sulfa, termasuk: sulfasalazine, sulfadiazine, acetylsulfamethoxazole, acetylsulfasoxazole, dan acetylsulfaguanidine. Penyakit dan gangguan metabolisme tubuh, seperti: hiperparatiroidisme, hypercalciuria (peningkatan penyerapan kalsium di usus), penyakit rematik (asam urat atau gout artritis), penyakit usus. Kelainan anatomis (bentuk) ginjal dan salurannya. Batu kalsium, batu asam urat, batu struvite (batu infeksi), batu sistin.

Batu ginjal terbentuk akibat kejenuhan air seni, gangguan keasaman (pH) ginjal, dan menurunnya faktor penghambat kristal, seperti: sitrat, magnesium, protein Tamm-Horsfall, dan bikunin.

Gejala Klinis Batu Ginjal

Bisa tanpa keluhan sama sekali. Nyeri kolik, yang terasa di satu sisi pinggang atau perut, dapat menjalar ke saluran kencing, muncul mendadak, hilang timbul, dan intensitasnya kuat. Nyeri ginjal (renal colic), yang terasa di pinggang, tidak menjalar, terjadi akibat regangan kapsul ginjal, sering berhubungan dengan mual dan muntah. Nyeri kandung kemih (buli-buli), terasa di bawah pusat. Urgensi, yaitu rasa ingin kencing sehingga terasa sakit. Disuria, yaitu rasa nyeri saat kencing atau sulit kencing. Polakisuria, yaitu frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya. Hematuria, yaitu terdapat darah atau sel darah merah (eritrosit) di air seni. Anuria/oliguria. Anuria yaitu jika produksi air seni < 200 cc/hari. Oliguria yaitu jika jika produksi air seni < 600 cc/hari.

Mengobati Batu Ginjal Dengan Kumis Kucing

Bahannya:

40 lembar daun kumis kucing

Caranya:

Daun kumis kucing ditumbuk setengah halus  kemudian diperas dan diambil airnya kurang lebih setengah gelas. Air perasan tersebut diminum setiap pagi, semoga dalam waktu satu minggu sakit batu ginjal tersebut sudah hilang.

Mengobati Batu Ginjal Dengan Kumis Kucing | admin | 4.5
Leave a Reply