Cara Mengobati Anemia

Wednesday, February 15th 2012. | Pengobatan Anemia

What is anemia?Anemia merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia. Anemia lebih banyak diderita oleh para kaum perempuan. Tapi tidak sedikit pula kaum laki-laki yang terkena sakit anemia. Anemia cukup mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Untuk itu mari cari tahu lebih detail tentang sakit anemia juga cara mengobati anemia.

Definisi Anemia

Anemia adalah kondisi medis dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal. Tingkat normal dari hemoglobin umumnya berbeda pada laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, anemia secara khas ditetapkan sebagai tingkat hemoglobin yang kurang dari 13.5 gram/100ml dan pada perempuan sebagai hemoglobin yang kurang dari 12.0 gram/100ml. Definisi-definisi ini mungkin bervariasi sedikit tergantung pada acuan sumber dan laboratorium yang digunakan.

cara mengobati anemia,obat anemia,anemia,anaemia,hemoglobin,tuberculosis,leucemia,leukimia,definisi anemia,penyebab anemia,gejala anemia

Penyebab Anemia

Segala proses yang dapat mengganggu masa kehidupan normal dari sel darah merah mungkin menyebabkan anemia. Masa kehidupan normal dari sel darah merah secara khas adalah sekitar 120 hari. Sel-sel darah merah dibuat di sumsum tulang (bone marrow).
Anemia pada dasarnya disebabkan melalui dua jalan-jalan dasar.

Anemia disebabkan:

  1. oleh pengurangan produksi sel darah merah atau hemoglobin, atau
  2. oleh kehilangan atau penghancuran darah.

Sebagai kliasifikasi-klasifikasi yang lebih umum dari anemia (hemoglobin yang rendah) berdasarkan pada MCV, atau volume dari sel-sel darah merah individu.

  1. Jika MCV rendah (kurang dari 80), anemia dikategorikan sebagai microcytic anemia (volume sel yang rendah).
  2. Jika MCV didalam batasan normal (80-100), ia disebut normocytic anemia (volume sel yang normal).
  3. Jika MCV tinggi, maka ia disebut macrocytic anemia (volume sel yang besar).

Melihat pada setiap komponen-komponen dari complete blood count (CBC), terutama MCV, dokter dapat mengumpulkan petunjuk-petunjuk seperti apa yang menjadi sebab yang paling umum untuk anemia.

Kehilangan Darah Akut (Tiba-Tiba) Sebagai Penyebab Anemia

Kehilangan darah akut dari perdarahan internal (seperti dari borok yang berdarah) atau perdarahan eksternal (seperti dari trauma) dapat menghasilkan anemia pada masa waktu yang singkatnya mengagumkan. Tipe anemia ini dapat berakibat pada gejala-gejala dan konsekwensi-konsekwensi yang parah jika tidak ditangani segera.

Penyebab-Penyebab Lain Dari Anemia

Beberapa dari penyebab-penyabab yang paling umum termasuk:

  • Kekurangan vitamin B12 mungkin menyebabkan pernicious anemia. Tipe anemia ini dapat terjadi pada orang-orang yang tidak mampu menyerap vitamin B12 dari usus-usus mereka.
  • vegetarian-vegetarian yang ketat yang mungkin tidak mengambil suplemen-suplemen vitamin yang cukup, atau
  • peminum-peminum alkohol jangka panjang.

Ini secara khas menyebabkan macrocytic (volume sel yang besar) anemia. Vitamin B12, bersama dengan folate, terlibat dalam membuat molekul heme yang adalah bagian integral dari hemoglobin. Kekurangan folate dapat menjadi tertuduh dari anemia. Ini mungkin juga disebabkan oleh penyerapan yang tidak cukup, konsumsi yang kurang dari yang hijau-hijau, sayur-sayuran yang berdaun, dan juga penggunaan alkohol berat jangka panjang. Dapat terjadi rupture dari sel-sel darah merah (hemolytic anemia) yang disebabkan oleh antibodi-antibodi yang melekat pada permukaan dari sel-sel marah (contohnya, penyakit hemolytic dari bayi yang baru dilahirkan dan pada banyak kondisi-kondisi lain). Bermacam-macam penyakit-penyakit sumsum tulang yang luas dapat menyebabkan anemia. Contohnya, kanker-kanker yang menyebar (metastasize) ke sumsum tulang (bone marrow), atau kanker-kanker dari sumsum tulang (seperti leukemia atau multiple myeloma) dapat menyebabkan sumsum tulang menghasilkan secara tidak cukup sel-sel darah merah, berakibat pada anemia. Kemoterapi tertentu untuk kanker-kanker dapat juga menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan mengurangi produksi sel darah merah, berakibat pada anemia. Infeksi-infeksi tertentu mungkin melibatkan sumsum tulang dan berakibat pada perusakan sumsum tulang dan anemia. Akhirnya, pasien-pasien dengan gagal ginjal mungkin kekurangan hormon yang diperlukan untuk menstimulasi produksi sel darah merah oleh sumsum tulang (bone marrow). Penyebab umum lain dari anemia disebut anemia dari penyakit kronis. Ini dapat secara khas terjadi pada individu-individu dengan penyakit-penyakit kronis yang berkepanjangan. Beberapa obat-obat dapat menyebabkan anemia dalam keberagaman cara-cara. Human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) dapat menyebabkan anemia.

Gejala-Gejala Dari Anemia

Beberapa pasien-pasien dengan anemia tidak mempunyai gejala-gejala. Yang lain-lain dengan anemia mungkn merasa:

  •  lelah,
  •  mudah kelelahan,
  •  nampak pucat,
  •  mengembangkan palpitasi-palpitasi (perasaan dari jantung yang berdebar), dan
  •  menjadi sesak napas.

Gejala-gejala tambahan mungkin termasuk:

  •  kehilangan rambut,
  •  malaise (perasaan umum dari tidak enak badan), dan
  •  perburukan persoalan-persoalan jantung.

Adalah berharga untuk dicatat bahwa jika anemia berkepanjangan (chronic anemia), tubuh mungkin menyesuaikan pada tingkat-tingkat oksigen yang rendah dan individunya mungkin tidak merasa berbeda sampai anemia menjadi parah. Pada sisi lain, jika anemia terjadi secara cepat (acute anemia), pasien mungkin mengalami gejala-gejala signifikan yang relatif cepat.

Cara Mengobati Anemia

Bahan herbal untuk anemia:

  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 genggam daun bayam duri
  • 1 sendok makan madu murni
  • 2 butir telur ayam kampung

Cara membuat obat herbal untuk anemia:

  • Tumbuklah daun bayam duri kemudian peras dan ambil airnya. Kemudian campur atau jadikan satu dengan semua bahan lainnya.
  • Telur diambil kuningnya, dicampur (aduk sampai merata) lalu diminum. Setelah pengobatan beberapa hari berturut-turut (usahakan setiap 2 minggu sekali minum ramuan ini).

Semoga dengan cara ini sakit anemia Anda cepat sembuh.

Buat Pesan Untuk Artikel "Cara Mengobati Anemia"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

5+3 (Wajib di jawab)