Tips Mengatasi Luka Pada Anak

Thursday, August 4th 2011. | Obat Anak

Anak Anda memiliki luka baru atau luka yang tidak kunjung sembuh? Memiliki luka pada salah satu bagian dari tubuh memang cukup mengganggu kenyamanan dalam beraktifitas. Terlebih pada anak-anak, dengan adanya luka biasanya anak menjadi rewel. Terkadang aktifitas anak yang tidak bisa dipantau orang tua secara terus menerus mampu membuat luka yang tidak kunjung membaik. Mungkin karena tangan anak kotor, kemudian menyentuh luka dan akhirnya timbulĀ  infeksi.

tips mengatasi luka pada anak,tips mengatasi luka,mengatasi luka,mengatasi luka anak,luka anak,luka,anak,luka bakar,luka gores,bakar,gores,tips,mengobati luka,mengobati luka anak,obat luka,obat luka anak,obat luka bakar,mengobati luka bakar

Tips Mengatasi Luka Pada Anak

Luka potong atau gores

Anak-anak bisa rewel luar biasa hanya gara-gara luka yang kecil. Jangan pernah sepelekan sekecil apa pun luka karena bahaya infeksi selalu mengintip. Tenangkan anak, dan dengan hati-hati, bersihkan luka menggunakan kain kasa atau sikat halus yang dibasahi. Lebih baik lagi jika luka dibersihkan di bawah aliran air dingin. Jangan gunakan kapas atau bahan berserabut lainnya karena serabut yang menempel ke luka malah memperlambat proses penyembuhan. Jika ada kotoran atau kerikil yang menempel pada luka, cobalah membersihkannya. Ini menimbulkan sedikit perdarahan. Tapi jika luka sulit dibersihkan, jangan memaksa. Hentikan perdarahan dengan menekankan kain kasa steril pada luka. Tutup luka dengan plester yang cukup besar hingga menutupi daerah sekitar luka

Luka bakar

  • Kebanyakan kecelakaan yang menyebabkan luka bakar terjadi di rumah. Untungnya selalu ada air di sekitarnya. Segeralah mendinginkan kulit terbakar anak Anda dengan air dingin, tetapi tidak terlalu dingin (bukan air es). Untuk area yang lebih luas, rendamlah atau guyurlah anak dengan air di kamar mandi selama minimal lima menit.
  • Jangan mengoleskan pasta gigi, salep, minyak atau mentega ke area yang terbakar. Mengoleskan bahan tersebut akan membatasi keluarnya panas dari kulit. Setelah luka bakar memiliki cukup waktu untuk mendingin, silakan menggunakan salep untuk membantu mencegah infeksi.
  • Jika Anda harus membuka pakaian yang lengket di kulit, jangan menariknya. Siramkan air dalam kondisi anak tetap berpakaian. Lepaskan pelan-pelan pakaian dan tutuplah luka dengan perban steril. Untuk luka bakar yang parah, segeralah memanggil bantuan ambulans atau dokter.

Buat Pesan Untuk Artikel "Tips Mengatasi Luka Pada Anak"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

4+6 (Wajib di jawab)