Info Anak Sulit Makan Dan Cara Mengatasi

Saturday, July 30th 2011. | Obat Anak

Apa kabar para bunda yang ada diseluruh nusantara dan dimanapun bunda berada. Apa para bunda sedang memiliki masalah tentang anak? Anak sulit makan. Itulah kebanyakan masalah yang dihadapi para orang tua tentang anaknya, khususnya kaum ibu. Disini ada beberapa info anak sulit makan dan cara mengatasinya. Jadi bunda tidak perlu khawatir dengan masalah anak yang sulit makan. Simak info anak sulit makan dan cara mengatasinya dibawah ini.

info anak sulit makan dan cara mengatasi,info,info anak,anak,anak sulit makan,anak susah makan,sulit makan,susah makan,cara mengatasi anak sulit makan,cara mengatasi anak susah makan,cara mengatasi anak,sulit,cara,anak

PENYEBAB anak mengalami kesulitan makan sangat banyak. Semua gangguan fungsi organ tubuh dan penyakit bisa berupa adanya kelainan fisik maupun psikis, dapat dianggap sebagai penyebab kesulitan makan pada anak. Kelainan fisik dapat berupa kelainan organ bawaan atau infeksi bawaan sejak lahir dan infeksi didapat pada usia anak.

Secara umum penyebab kesulitan makan pada anak dibedakan menjadi tiga faktor:

1. Hilang nafsu makan. Ini bisa terjadi karena faktor penyajian makanan atau menu tidak bervariasi.

2. Gangguan proses makan di mulut. Bisa saja terjadi akibat masalah di mulut, sariawan, radang tenggorokkan, gigi berlubang atau dikarenakan penyakit lainnya. Guna mencari tahu lebih lanjut, sebaiknya bawa anak memeriksakan diri ke dokter.

3. Pengaruh psikologis. Bisa terjadi lantara si kecil mempunyai trauma pada kegiatan makannya sehingga dia merasa tidak nyaman. Anak merasa terpaksa saat waktu makan tiba, misalnya.

Jangan asal beri vitamin

Salah satu keterlambatan penanganan masalah anak susah makan biasanya adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya. Sehingga kesulitan makan anak terjadi berkepanjangan. Bahkan sudah berpindah-pindah dokter dan berganti-ganti vitamin, kesulitan makannya justru tidak membaik.

So, jika Bunda  ingin memberikan vitamin sebagai penambah nafsu makan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Selain itu, jangan sembarang pilih vitamin ya Bunda. Pilihlah yang mengandung kurkuminoid (temulawak) yang berguna untuk menambah nafsu makan.

Pun prebiotik – berguna untuk meningkatkan fungsi pencernaan, penyerapan nutrisi dan juga daya tahan tubuh, DHA – merangsang perkembangan sel otak anak hal ini bisa merangsang penyusunan dinding sel saraf hingga timbul penampang yang baik di otak serta EPA – berfungsi untuk kecerdasan otak.

Cara Mengatasi Anak Sulit Makan:

  1. Pemberian makan sesuai umur. Setelah usia 4 bulan mulai diberi makanan pendamping(bubur susu),usia 6 bln nasi tim,usia 8 bln-1 thn mulai makanan dicincang,setelah 1 thn dpt dikenalkan makanan keluarga. Karena jika tdk mulai dikenalkan anak akan susah makan.
  2.  Jangan memberi porsi susu berlebihan. Hal ini akan menyebabkan anak kenyang sehingga susah makan.
  3. Berikan makanan selingan namun jangan berlebihan. Diberikan diantara jam makan anak.makanan jangan manis-manis atau asin karena akan mengurangi selera makan anak.
  4.  Agar nafsu makan anak bertambah usahakan suasana makan yang nyaman.Ajak si kecil makan dengan penuh kasih sayang.
  5. Jika anak masih susah makan periksakan ke dokter mungkin ada kelainan dalam organ tubuh. Jika tidak ada kelainan mintalah vitamin untuk merangsang nafsu makannya
  6. Disiplin dengan waktu makan anak. Karena kalau sudah melewati waktu makan anak tidak merasa lapar lagi.

Pesan untuk ibu bekerja:

  • Persiapkan makanan yang akan diberikan untuk balita anda.
  • Pada jam makan cek kegiatan makan balita anda.
  • Timbang berat badannya untuk memastikan balita anda kecukupan gizi.
  • Selagi bisa (ada waktu)dengan si kecil kerjakan sendiri segala hal yang   berhubungan dengan si kecil.
  • Adakan waktu rekreasi dengan si kecil, agar punya wawasan dan merasakan kebersamaan dengan keluarganya.

Demikian info anak sulit makan dan cara mengatasinya bunda. Semoga bermanfaat.

3 Komentar Untuk Artikel " Info Anak Sulit Makan Dan Cara Mengatasi" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Info Anak Sulit Makan Dan Cara Mengatasi"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

3+8 (Wajib di jawab)