Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami

Mesothelioma Law Firm, Sell Annuity Payment Tuesday, April 21st, 2015 - Pengobatan Herbal

Cara menyembuhkan pilek secara alami pada dasarnya dapat dilakukan dirumah. Penyakit pilek dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Pilek atau flu merupakan salah satu sebutan untuk penyakit influenza. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah menular. Hal ini karena pilek disebabkan karena infeksi oleh virus influenza. Flu pada umumnya akan mempengaruhi  hidung, telinga, mata ,tenggorokan, dan menyebar ke paru-paru dan saluran pernapasan (menyebabkan batuk).

Penyebab Pilek (Influenza)

Penyebab Pilek (Influenza)

Pilek atyau influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza).

Flu biasanya lebih mudah menyerang terhadap orang yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. hal ini bisa diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, ketegangan dan stres, beban kerja yang berlebihan, kurang olahraga yang tepat, tinggal di kamar pengap dan sering kurang tidur.

Gejala Pilek (Influenza)

Gejala Pilek (Influenza)

Gejala yang biasanya timbul dari penyakit pilek diantaranya adalah :

  • Badan menggigil
  • Demam
  • Nyeri tenggorokkan
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala terasa berat
  • Batuk-batuk
  • Lemah
  • Dan rasa tidak nyaman secara umum

Rasa demam pada penderita flu adalah karena reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus influenza. Demam, sakit kepala dan nyeri otot yang parah adalah gejala awal umum influenza.

Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami

  1. Mengobati pilek dengan istirahat yang cukup

    Ketika tubuh terserang penyakit flu dan mengalami gejala berupa sakit tenggorokan, demam dan pilek – maka salah satu cara ampuh mengobati flu adalah mengambil istirahat panjang (tidur) supaya tidak tambah parah dan cepat sembuhnya.
    Mengobati pilek dengan istirahat yang cukupBila memungkinkan mintalah izin agar tidak masuk kerja atau sekolah, namun bila tidak bisa maka hindari aktifitas yang melelahkan dan buat tubuh se-rileks mungkin agar mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh flu.

  2. Meringankan pilek dengan minum banyak air putih

    Cara mudah mengobati flu & pilek namun sering dianggap remeh ini sebenarnya memiliki khasiat yang benar-benar efektif. Dengan meminum air putih yang banyak maka tubuh memiliki amunisi untuk melawan beberapa gejala flu berat seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, meriang (panas dingin) ataupun hidung tersumbat.
    Meringankan pilek dengan minum banyak air putihNamun jika tenggorokan terasa sakit saat meminum banyak air, coba akali dengan menambahkan campuran air jeruk nipis (bisa juga diganti dengan juga lemon yang fungsinya melegakan hidung tersumbat dan meredakan perut kembung).

  3. Menyembuhkan pilek dengan berkumur menggunakan air garam

    Apakah Anda merasa terganggu dengan dahak di tenggorokan? Cara menyembuhkannya dapat dgn berkumur air garam supaya tidak terlalu sakit. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan.
    Menyembuhkan pilek dengan berkumur menggunakan air garamFungsi lainnya adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan. Jadi kumur-kumur menggunakan air + satu sendok garam dalam gelas berukuran sedang selama beberapa detik.

Cara Menyembuhkan Pilek Secara Herbal

  1. Resep mengobati pilek dengan buah delima

    Resep mengobati pilek dengan buah delimaDengan menggunakan buah delima tau bisa juga disebut dengan buah pome. Anda harus menggunakan 15 gram kulit delima yang sudah dikeringkan, 30 gram daun jambu segar, dan juga 500 cc air putih. Mulailah dengan 15 gram kuli delima kering dan campurkan dengan 30 gram jambu segar yang direbus dengan menggunakan 500 cc air. Biarkan hingga air rebusan tersebut sampai mendidih. Kemudian airnya disaring, tunggu hingga racikan minuman anda menjadi hangat kemudian seduh. Anda juga bisa menambahkan madu di dalamnya.

  2. Ramuan obat untuk mengobati pilek dengan bawang putih

    Ramuan obat untuk mengobati pilek dengan bawang putihBawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang kuat, sehingga menawarkan kemampuan antivirus alami.  Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu pengiriman nutrisi penting lebih cepat keseluruh sel-sel tubuh. Sertakan bawang putih dalam makanan ada. Bisa juga Makan bawang putih mentah saat perut kosong di pagi hari.

  3. Mengobati pilek dengan mengkonsumsi madu dan jahe

    Mengobati pilek dengan mengkonsumsi madu dan jaheMadu kaya akan manfaat yang diantaranya juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya, ambil 2 ruas jahe, kemudian parut dan campurkan dengan madu. Lalu anda makan 3x sehari.

  4. Mengobati pilek secara alami menggunakan kunyit

    Mengobati pilek secara alami menggunakan kunyitKunyit termasuk bahan alami yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah serta antioksidan. Ambil secangkir susu hangat, yang dicampur dengan perasan kunyit+sesendok makan madu dan diminum 3 kali sehari. Kunyit akan mencegah gejala yang timbul karena pilek atau influenza.

Beberapa tips diatas merupakan cara menyembuhkan pilek secara alami yang dapat kita lakukan dirumah.

Leave a Reply