Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Mesothelioma Law Firm, Sell Annuity Payment Wednesday, April 22nd, 2015 - Perawatan Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat yang lebih mudah dan tidak memerlukan biaya mahal sering menjadi pilihan para wanita. Karena selain lebih mudah dan murah, cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan herbal atau alami tentunya lebih aman bagi tubuh atau tidak memiliki efek samping yang kurang bagus bagi tubuh. Kita bisa melakukannya dirumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Akan tetapi untuk lebih jelasnya tentang jerawat berikut beberapa informasi tentang jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawatnya.

Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat Jerawat adalah keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah. Jerawat juga merupakan penyakit abnormal kulit dimana kelenjar minyak yang terdapat pada kulit memproduksi minyak secara berlebihan sehingga menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat umum diderita oleh semua manusia dalam hidupnya terutama pada tahap remaja karena perubahan hormonal dalam tubuh. Penyebab jerawat juga bermacam-macam dan berikut informasinya.

Penyebab Jerawat

  • Efek samping dari Stress
  • Faktor keturunan atau genetik
  • Aktivitas hormon ataupun akibat penurunan hormon pada wanita
  • Akibat hormon testosteron pada pria
  • Disebabkan oleh kelenjar minyak yang sangat aktif (Hiperaktif)
  • Terdapat bakteri pada pori – pori kulit
  • Disebabkan oleh berbagai macam polusi udara
  • Akibat menkonsumsi pil KB
  • Adanya darah kotor
  • Terjadi penyumbatan pori – pori wajah  akibat sel kulit mati tidak terangkat
  • Kurangnya mimun air putih
  • Terlalu banyak merokok dan meminum alkohol
  • Alergi pada kosmetik
  • Kurang menjaga kebersihan kulit
  • Akibat rambut yang tidak pernah dibersihkan karena rambut yang kotor sering menempel pada daerah wajah

Penyebab Bekas Jerawat

Meskipun jerawat sudah hilang tetapi kadang kita masih terganggu dengan bekas jerawat yang susah hilang. Bekas jerawat bisa muncul karena faktor tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab bekas jerawat.

  • Hormon
    Hormon estrogen dan progesteron merupakan hormon-hormon yang terdapat dalam tubuh manusia yang dapat menimbulkan bekas jerawat atau bintik hitam pada wajah. Meningkatnya kedua hormon ini dapat disebabkan karena mengkonsumsi pil KB dalam jangka waktu yang panjang.
  • Obat-obatan kimia
    Selain pil KB ada juga beberapa pbat berbahan kimia yang juga dapat memicu terjadinya bekas jerawat atau bintik hitam pada wajah. Beberapa obat kimia tersebut meliputi obat-obatan yang banyak mengandung sitotastik, minosiklin, dan klopromazine. Jadi alangkah baiknya kita mengetahui kandungan atau jenis obat yang kita konsumsi.
  • Sinar ultraviolet
    Wajah yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat memicu terjadinya bintik hitam. Karena ketika kulit terlalu sering terkena sinar matahari, maka secara otomatis pigmen melanin yang terdapat pada kulit wajah akan terbentuk untuk melindungi kulit kita.
  • Kosmetik
    Kosmetik juga dapat menyebabkan bekas jerawat terutama kosmetik yang banyak mengandung parfum, pewarna, dan bahan-bahan lainnya yang dapat memicu terjadinya bekas jerawat berwarna kehitaman. Bahan-bahan ini akan mengalami fotosintesis yang berlebih jika terkena sinar matahari.
  • Ras
    Ras juga merupakan salah satu penyebab bekas jerawat. 4 poin diatas merupakan faktor yang disebabkan oleh keadaaan luar atau eksternal sedangkan ras merupakan faktor yang disebabkan oleh keturunan atau internal. 20 persen penyebab bekas jerawat karena faktor keturunan dari kedua orang tua. Seseorang yang memiliki keturunan atau ras warna kulit lebih gelap akan memiliki resiko mengalami bekas jerawat atau flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan-bahan herbal memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding dengan cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan-bahan kimia atau kosmetik berbahan kimia. Bahan-bahan herbal untuk menghilangkan bekas jerawat juga mudah kita temukan di dapur.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

  1. Air Perasan Lemon
    Air Perasan LemonSiapkan satu buah lemon yang masih dalam keadaan segar, kemudian buah lemon tersebut Anda peras, lalu tambahkan sekitar satu cup air. Setelah itu Anda bisa menggunakannya pada area bekas jerawat Anda dengan cara dioleskan selama kurang lebih 3-4 menit. Dengan melakukan cara ini secara konsisten tiap harinya, akan bermanfaat untuk menghilangkan kulit mati dan akan mendorong terjadinya pertumbuhan sel kulit baru yang pada akhirnya bekas jerawat pada muka Anda lama-kelamaan akan terlihat memudar.
  2. Madu
    MaduMadu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk diantaranya adalah masalah pada jerawat. Tak hanya dapat mengobati bekas jerawatnya saja namun jerawatnya sendiiri juga bisa disembuhkan dengan menggunakan madu. Sifat lembut madu pada kulit dapat mengurangi kemerahan dan juga iritasi yang terjadi pada kulit. Selain itu kandungan anti-bakteri pada madu dapat memudarkan bekas luka akibat dari jerawat beserta noda gelapnya. Caranya dengan menggunakan sedikit madu yang dioleskan langsung pada bagian kulit bekas jerawat pada malam hari, kemudian di pagi hari Anda bisa membersihkannya.
  3. Minyak Hip Rose
    Minyak Hip RoseRose hip merupakan buah dari beberapa jenis bunga mawar. Minyak ini memiliki kandungan vitamin dan anti-oksidan yang baik untuk menjaga kulit agar tetap halus dan sehat. Walaupun masih dalam tahap evaluasi, penggunaan minyak rose hip ini sudah terbukti efektif dalam menghilangkan bekas luka, memperbaiki bekas jerawat dan noda hitam yang ada pada kulit. Apabila digunakan secara teratur, noda dan juga bekas luka dalam tempo tertentu akan memudar dan menjadi tersamar. Anda bisa menggunakan minyak rose hip ini dengan cara memijat lembut pada bagian kulit bekas luka dengan rutin satu-dua kali dalam sehari.
  4. Minyak Zaitun
    Minyak ZaitunBahan alami dan tradisional yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat menjadi penyembuh alami. Cara penggunaanya cukup mudah yakni cukup dengan memijatkan minyak zaitun pada bagian bekas luka akibat jerawat, Anda bisa menggunakannya beberapa kali setiap harinya.
  5. Minyak Vitamin E
    Minyak Vitamin EPerawatan yang efektif dalam menghilangkan jerawat salah satunya adalah minyak vitamin E yang memiliki sifat yang dapat melebabkan dan cukup luar biasa. Minyak vitamin E dapat Anda gunakan pada kulit 2 s/d 3 kali dalam sehari.
  6. Minyak Kelapa
    Minyak KelapaSalahsatu bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengurangi bekas jerawat adalah minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa diantaranya asam laurat, asam kaprat dan kaprilat mampu menyamarkan bekas luka akibat jerawat. Selain itu bekas jerawat baru juga dapat dicegah menggunakan minyak kelapa ni. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat ini dengan cara memijatkan minyak kelapa pada area yang memiliki bekas luka minimal satu hari sekali, dan maksimal dua sampai empat kali dalam sehari.
  7. Lidah Buaya
    Lidah BuayaLidah buaya atau dikenal juga dengan nama aloe vera sudah lama dikenal dalam bidang kosmetika sebagai bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Lidah buaya dapat menyamarkan bekas jerawat dalam waktu tertentu jika digunakan dengan benar. Caranya yaitu dengan mengambil daun lidah buaya secukupnya kemudian ambil gelnya saja jangan sampai ada getah lidah buaya tercampur karena akan menyebabkan gatal. Ambil gelnya kemudian gunakan pada wajah, biarkan hingga beberapa puluh menit dan kemudian cuci wajah Anda hingga bersih. Anda bisa menggunakan lidah buaya ini rutin setiap harinya, namun tentu harus hati-hati terhadap getahnya tersebut.
  8. Es Batu
    Es BatuBekas jerawat yang baru saja meradang bisa menggunakan es batu agar jerawat tidak mengalami pembengkakan dan pengecilan pada pembuluh darah. Selain itu, es batu juga bisa membantu dalam mengurangi bekas luka ringan dan noda hitam yang diakibatkan oleh jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan cara membungkus es batu dalam tisu atau kain kemudian Anda bisa menggosokannya pada area yang mulai meradang kurang lebih 20 s/d 15 menit setiap harinya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami diatas.

Leave a Reply