Menghilangkan Pegal Dengan Jeruk Nipis

Tuesday, July 12th 2011. | Bugar Dan Sehat

Citrus aurantifolia atau yang biasa dikenal dengan nama jeruk nipis, merupakan salah satu buah yang terkenal khasiatnya di dunia kesehatan maupun kecantikan. Buah jeruk nipis yang kecil mungil ini memiliki diameter rata – rata 3 – 6 cm, daging buahnya masam dan rasanya mirip dengan buah lemon. Warna kulit buahnya hijau dan kuning jika sudah masak. Dalam dunia kecantikan, buah jeruk nipis dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit dan mengecilkan pori – pori dengan cara dimaskerkan. Dan di dunia kuliner buah jeruk nipis dikenal sebagai penyegar , minuman, tambahan dalam membuat sambal, dan membantu menghilangkan bau amis.Dan taukah Anda di bidang kesehatan, buah jeruk nipis ini juga menyumbangkan manfaat yang luar biasa. Anda mungkin penasaran? Berikut berbagai khasiat dari buah jeruk nipis di dunia kesehatan.

menghilangkan pegal dengan jeruk nipis,menghilangkan pegal,hilangkan pegal alami,jeruk nipis,manfaat jeruk nipis,manfaat jeruk nipis untuk kecantikan,cara hilangkan pegal,obat batuk,obat mual,obat masuk angin,menyegarkan nafas,menghilangkan bau mulut

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan:

  1. Jeruk nipis sebagai obat batuk
  2. Menghilangkan dan mencegah mual di perjalanan
  3. Mengobati masuk angin
  4. Menyegarkan pernafasan dan mengurangi bau mulut
  5. Menghilangkan pegal – pegal dan rasa lelah di tubuh

Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk

Secara tradisional buah jeruk nipis ini terkenal sebagai penyembuh sakit batuk. Nenek moyang kita mengandalkan buah jeruk nipis untuk menghilangkan batuk yang bertubi – tubi seperti suara motor.

Cara: cukup menambahkan sari buah jeruk nipis pada sesendok kecap manis dan meminumnya. Dan beberapa saat kemudian nafas Anda akan lebih lega dan batuk Anda akan lebih reda.

Menghilangkan Dan Mencegah Mual Di Perjalanan

Beberapa orang dari Anda mungkin pernah merasakan mabuk di dalam perjalanan entah perjalanan darat, laut, maupun perjalanan udara. Bagaimana selama ini Anda menanggulangi rasa mual tersebut? Dengan memakai minyak kayu putih, koyo, ataupun tidak makan sebelum melakukan perjalanan?Jika ada cara mudah, mengapa Anda harus menggunakan cara yang sulit?

Cara: tuang sari buah jeruk nipis ditambah sedikit gula pasir dan air dingin. Kemudian minum sedikit demi sedikit sampai perut Anda terasa nyaman. Minuman ini bisa Anda minum sebelum maupun saat di perjalanan. Niscaya perut Anda akan terasa lebih stabil dan nyaman. Mual pun akan hilang dan Anda bisa lebih menikmati perjalanan Anda.

Mengobati Masuk Angin

Tidak hanya jahe saja yang dapat membantu mengobati masuk angin, tetapi buah jeruk nipis pun bisa.

Cara: tuangkan sari buah jeruk nipis ke dalam gelas, kemudian tambahkan 1 sendok teh madu asli, dan air hangat. Minum sesendok demi sesendok sari buah jeruk nipis hangat tersebut. Perut Anda akan kembali hangatĀ  dan udara yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa maupun buang gas.

Menyegarkan Pernafasan Dan Mengurangi Bau Mulut

Apabila obat kumur ( mouthwash ) Anda tidak mampu menghilangkan bau mulut Anda, buah jeruk nipis bisa.

Cara: peras sari buah jeruk nipis, jangan ditambahkan air, hanya tambahkan madu saja. Aduk ramuan tersebut kemudian minum setiap hari 1 – 2 sendok, nafas Anda akan menjadi lebih segar dan juga bau mulut Anda perlahan akan menghilang. Tapi jangan melupakan kewajiban rutin untuk menggosok gigi Anda.

Menghilangkan Pegal – Pegal Dan Rasa Lelah Di Tubuh

Bagi Anda yang khususnya banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, biasanya terlalu lelah dan sering merasakan pegal – pegal di seluruh tubuh. Agar badan bisa menjadi lebih fresh dan tidur menjadi lebih nyenyak, Anda bisa meracik ramuan alami sebagai berikut.

Cara: 2 sendok teh sari buah jeruk nipis, 1 cm jahe dimemarkan, 1 sendok makan madu asli, 200 ml air hangat. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat dan cobalah untuk tidur. Ramuan ini efeknya akan lebih terasa apabila diminum setelah mandi dan menjelang tidur. Anda akan merasa tubuh lebih segar keesokan harinya.

Selamat Mencoba.

1 Komentar Untuk Artikel " Menghilangkan Pegal Dengan Jeruk Nipis" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Menghilangkan Pegal Dengan Jeruk Nipis"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

1+8 (Wajib di jawab)